Visi, Misi, Tujuan dan Strategi
Visi Keilmuan:
Menyelenggarakan Pendidikan yang Unggul di bidang Bimbingan dan Konseling yang berfokus pada development psychology, berbasis kemaritiman, berjiwa entrepreneurship dan berkarakter islami pada tahun 2030. Uraiannya sebagai berikut:
- Unggul dimaknai sebagai program studi yang mampu menjadi rujukan dalam pengembangan keilmuan serta pelayanan Bimbingan dan Konseling
- Development Psychology dimaknai sebagai kekhasan dalam pelayanan bimbingan dan konseling yang merujuk pada aspek - aspek perkembangan seseorang mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, hingga lansia.
- Kemaritiman dimaknai sebagai kemampuan mendayagunakan potensi dan nilai-nilai kemaritiman dalam penyelenggaraan dan pengembangan bidang keilmuan.
- Entrepreneurship dimaknai sebagai kemampuan untuk mengenali, mengidentifikasi potensi, mengembangkan dan berinovasi dalam menciptakan nilai tambah agar dapat berkontribusi positif bagi pembangunan bangsa dan umat.
- Islami dimaknai sebagai nilai-nilai islami yang menjadi dasar civitas akademika yang terimplementasi pada setiap kegiatan akademik dan non akademik.
Tujuan Program Studi:
- Melaksanakan program pendidikan sarjana, untuk menghasilkan calon guru BK yang mampu melaksanakan layanan Bimbingan dan Konseling yang berfokus pada development psychology, berjiwa entrepreneurship, berbasis kemaritiman, dan berkarakter islami.
- Menghasilkan penelitian dan/atau karya ilmiah yang dapat menjadi rujukan di tingkat nasional maupun internasional.
- Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat di daerah pesisir dan sekitarnya.
- Mengembangkan jaringan kerjasama dengan berbagai institusi pendidikan, pemerintah dan swasta serta lembaga-lembaga masyarakat di tingkat nasional dan internasional.
Strategi Pencapaian:
- Meningkatkan kualitas dosen dan tenaga kependidikan
- Meningkatkan mutu pendidikan dan suasana akademik
- Meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian, pengabdian kepada masyarakat.
- Meningkatkan kerjasama dan kemitraan dengan lembaga pendidikan, pemerintah dan swasta.